Contoh Surat Permohonan Ganti Nama

By | Oktober 18, 2020
Contoh Surat Permohonan Ganti Nama

Contoh Surat Permohonan Ganti Nama – Nama adalah doa, begitulah ungkapan para orang tua zaman dulu yang masih terdengar hingga saat ini. Setiap nama yang diberikan oleh orang tua pada anaknya, pasti di dalamnya mengandung harapan dan juga doa untuk masa depan anaknya. Hanya saja dalam beberapa kasus terkadang diperlukan perubahan ganti nama karena satu dan hal yang lainnya. Oleh karena itu pada kesempatan ini akan dibahas mengenai contoh surat permohonan ganti nama.

Wah, apakah sekadar mengganti nama saja membutuhkan surat permohonan? Tentu saja jawabannya iya. Hal ini dikarenakan akan berkaitan erat dengan dokumen-dokumen yang berhubungan erat dengan anak tersebut untuk kedepannya. Misalnya saja dengan akta kelahiran, kartu keluarga, bahkan hingga ijazah. Oleh karena itu prosesnya harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku di pemerintah.

Misalnya saja penulisan nama anak di akta keluarga dan juga kartu keluarga berbeda. Maka hal ini penting untuk diperbaiki sesuai dengan nama yang benarnya. Soalnya jika tidak, maka dokumen-dokumen lainnya seperti ijazah, ktp, SIM, dan yang lainnya juga akan ikut berbeda. Oleh karena itu supaya tidak kebingungan bagaimana cara membuat surat permohonannya, pada kesempatan ini akan dibagikan beberapa contoh surat permohonan ganti nama.


Daftar Isi Artikel

Beberapa Alasan yang Melatarbelakangi Seseorang Mengajukan Surat Permohonan Ganti Nama

Beberapa Alasan yang Melatarbelakangi Seseorang Mengajukan Surat Permohonan Ganti Nama

Sebelum membahas mengenai contoh surat permohonan ganti nama, maka tidak ada salahnya juga mengetahui beberapa seseorang memilih untuk mengganti namanya. Kira-kira dari beberapa alasan yang akan diuraikan di bawah ini, mana yang menjadi alasan kebanyakan orang. Nah tanpa menunggu lebih lama lagi, berikut ini adalah beberapa alasan yang melatarbelakangi seseorang ingin mengganti namanya.

1. Kesalahan Administrasi

Alasan pertama dan yang sangat populer dan biasanya memang dipilih untuk pengurusan dokumen formal adalah karena kesalahan administrasi. Alasan ini juga biasanya yang bisa diterima oleh pihak Dinas Penduduk dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) hampir di seluruh wilayah Indonesia. Untuk memperkuat alasan ini akan ada syarat-syarat dokumen yang perlu dilampirkan sebagaimana akan dijelaskan dibawah.

Kesalahan administrasi ini bisa saja sepele. Mungkin nama seharusnya adalah ‘Irvan Daniansyah’ namun yang tertulis di akta kelahiran ataupun kartu keluarga malah ‘Irpan Daniansyah’. Hanya berbeda antara V dan P saja sebenarnya. Namun jika hal ini tidak diperbaiki maka bisa aja ada nama yang sama sehingga nantinya akan repot jika terjadi sesuatu.

2. Pindah Agama

Alasan kedua yang biasanya seseorang memutuskan untuk mengganti nama dikarenakan seseorang melakukan pindah agama. Walaupun jarang sekali orang yang mengurusnya dan menjadikannya sebagai nama yang tertulis pada dokumen resmi, namun dalam beberapa kasus hal ini pun bisa saja terjadi. Sebab setelah pindah agama seseorang biasanya akan memiliki nama baru yang berhubungan dengan doa baru yang diharapkan setelah beralih keyakinan.

3. Ingin Memiliki Nama yang Lebih Bagus

Memiliki nama yang bagus tentu saja menjadi impian semua orang. Hanya saja hal tersebut terkadang sebaliknya bagi beberapa orang. Oleh karena itu agar nama yang melekat pada dirinya bisa lebih bagus maka tidak sedikit juga orang yang memutuskan untuk mengganti nama. Hal seperti ini sebenarnya sah-sah saja dan boleh dilakukan oleh setiap orang. Ini juga penting diketahui sebelum membahas tentang contoh surat permohonan ganti nama.

4. Di Bully atau Dihina Oleh Orang-orang

Alasan selanjutnya yang menjadikan alasan seseorang untuk memutuskan mengganti nama yaitu karena nama yang sebelumnya sering dijadikan bullyan atau hinaan oleh banyak orang. Mungkin beberapa waktu lalu sempat populer seseorang bernama Anjay. Walaupun orang yang bersangkutan tidak mempermasalahkan dan enjoy saja, namun jika mau dirubah juga sebenarnya hal itu masih memungkinkan.

5. Dianggap Membawa Sial

Alasan terakhir yang mungkin di zaman modern seperti ini sudah jarang sekali didengar yaitu karena nama sebelumnya dianggap membawa sial. Ini memang menjadi alasan kuno, namun bukan tidak mungkin di sebagian daerah pedalaman masih ada yang mempercayai hal demikian. Oleh karena itu biasanya dilakukan pergantian nama dengan harapan setelah itu nasibnya bisa menjadi lebih baik.


Persyaratan yang harus Disiapkan Jika Ingin Melakukan Permohonan Pergantian Nama

Persyaratan yang harus Disiapkan Jika Ingin Melakukan Permohonan Pergantian Nama

Penting sekali untuk diketahui bahwa proses penggantian nama ini memanglah tidak semudah yang dibayangkan. Walaupun begitu, tapi bukan berarti hal ini sulit untuk diurus dan lakukan. Contoh surat permohonan ganti nama memang penting karena ini salah satu syaratnya, namun ada lagi yang lainnya. Jika mengacu pada Peraturan Presiden No. 25 tahun 28 yang tertera pada pasal 93 ayat dua (2), maka berikut ini adalah beberapa syarat lainnya yang dibutuhkan.

1. Foto Copy KTP Legalisir Kantor POS Bermaterai Rp. 6000

Syarat pertama yang harus disiapkan oleh siapa saja yang akan melakukan ganti nama adalah Kartu Tanda Penduduk ataupun KTP. Hal ini untuk membuktikan bahwa seseorang yang akan diganti namanya memang merupakan warga negara Indonesia. Namun tentu saja yang dilampirkan bukanlah KTP asli. Cukup kumpulkan KTP yang sudah dilegalisir kantor pos. Jangan lupa juga beri materai 6000.

2. Foto Copy Akta Nikah Pemohon Legalisir Kantor POS Bermaterai Rp. 6000

Setelah Kartu tanda Penduduk (KTP), syarat kedua yang perlu disiapkan juga adalah fotocopy akta nikah pemohon. Maksudnya adalah jika nama yang akan diajukan untuk pergantian namanya adalah anak kandung sendiri, maka dokumen yang dimaksud adalah milik ayah atau ibunya. Pastikan juga akta nikah pemohon ini harus bermaterai dan telah dilegalisir oleh kantor Pos.

3. Foto Copy Kartu Keluarga Pemohon Legalisir Kantor POS Bermaterai Rp. 6000

Kartu Keluarga atau KK merupakan dokumen berikutnya yang harus disiapkan bagi seseorang yang akan mengajukan permohonan ganti nama. Sebelum membahas mengenai contoh surat permohonan ganti nama, maka ini juga penting untuk diperhatikan. Sama dengan dokumen sebelumnya, Kartu Keluarga yang dikumpulkan juga cukup foto copy nya saja namun harus sudah legalisir Pos dan bermaterai Rp. 6000.

4. Foto Copy Akta Kelahiran Legalisir Kantor POS Bermaterai Rp. 6000

Dokumen selanjutnya yang menjadi syarat dalam pergantian nama dan tidak boleh sampai ketinggalan adalah Akta Kelahiran. Sebagaimana diketahui bahwa setiap orang yang terlahir di Indonesia akan memiliki yang namanya akta kelahiran. Nah dokumen yang satu ini juga wajib dicantumkan jika ingin mengajukan pergantian nama. Cukup kumpulkan Akte Kelahiran fotocopy nya saja namun sudah legalisir kantor pos.

5. Foto Copy Ijazah Pemohon Legalisir Kantor POS Bermaterai Rp. 6000

Jika seseorang yang akan melakukan proses ganti nama sudah besar dan sudah lulus dari sekolah, maka syarat berikutnya yang harus dicantumkan adalah foto copy ijazah. Jadi bagi siapa saja yang akan melakukan ganti nama, mulai cari dulu ijazah nya dari sekarang. Hal ini penting untuk mendukung proses pergantian nama bisa selesai dengan cepat. Pastikan juga ijazah nya sudah dilegalisir oleh kantor pos.

6. Foto Copy Dokumen Pendukung Lainnya

Nah selain dokumen atau surat-surat berharga yang telah disebutkan diatas, pemohon juga bisa melampirkan dokumen pendukung lainnya. Ada beberapa dokumen pendukung yang bisa diikutsertakan saat akan melakukan proses pergantian nama. Salah satu contohnya adalah surat pengantar dari lurah setempat. Meskipun ini tidak wajib, namun jika memungkinkan alangkah baiknya jika ikut dicantumkan.

7. Surat Permohonan Bermaterai Rp. 6.000

Surat permohonan bermaterai juga termasuk ke dalam salah satu syarat yang harus diikutsertakan jika seseorang ini melakukan perubahan nama. Oleh karena itu pada kesempatan ini akan diberikan referensi mengenai contoh surat permohonan ganti nama. Hal ini dikarenakan masih banyak orang yang belum tahu dan belum pernah melihatnya mengenai surat yang satu ini. Namun tenang, karena di artikel ini akan ditemukan jawabannya.

8. Persyaratan Lainnya

Kemudian selain persyaratan dokumen dan surat-surat sebagaimana disebutkan, biasanya dibutuhkan juga dua orang saksi yang perlu disiapkan. Saksi yang akan dihadirkan harus dipastikan paham betul dan mengetahui alasan secara detail tentang kenapa nama butuhkan proses pergantian nama tersebut. Jadi pastikan dalam memilihnya tidak boleh orang sembarangan.


Beberapa Contoh Surat Permohonan Ganti Nama

Nah setelah membahas mengenai alasan seseorang mengganti nama dan syarat apa saja yang dibutuhkan untuk mengganti nama. Berikut ini akan diberikan contoh surat permohonan ganti nama yang bisa digunakan dan dimodifikasi jika memang sedang membutuhkannya. Lalu seperti apa sih bentuk dari surat permohonan yang satu ini? Langsung saja simak di bawah ini.

1. Contoh Surat Permohonan Ganti Nama – Perubahan Akte Kelahiran Karena Anak Sering Sakit-sakitan

Contoh Surat Permohonan Ganti Nama – Perubahan Akte Kelahiran Karena Anak Sering Sakit-sakitan

Dokumen yang sangat sering sekali dilakukan perubahan ganti nama biasnya adalah Akte kelahiran. Oleh karena itu pada kesempatan ini akan diberikan bagaimana contoh dari surat pengajuan atau permohonan ganti nama pada akta kelahiran jika anaknya sering sakit-sakitan.

Contoh Surat Permohonan Ganti Nama – Perubahan Akte Kelahiran Karena Anak Sering Sakit-sakitan

Garut, 01 Oktober 2020

Kepada Yth :

Ketua Pengadilan Negeri Garut

Di Tempat

Perihal : Surat Permohonan Ganti Nama Anak

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                             : Ahmad Sobari Ibrahim

Tempat Tanggal lahir      : Garut, 21 November 1992

Jenis Kelamin                   : Laki-laki

Warganegara                    : Indonesia

Pekerjaan                          : Karyawan Swasta

untuk selanjutnya disebut sebagai PEMOHON.

Bersama dengan surat ini mengajukan permohonan tentang penggantian nama anak Pemohon dengan alasan- alasan sebagai berikut: 

  • Bahwa Pemohon menikah dengan Siti Fatimah di Garut, pada tanggal 25 Desember 2018 sesuai dengan Buku Nikah / Akta Perkawinan Nomor NKH/8976/XII tertanggal 27 Desember 2018;
  • Bahwa dari pernikahan tersebut Pemohon telah dikaruniai seorang anak yang lahir di garut, tanggal 08 November 2019,  Jenis kelamin laki-laki, yang diberi nama Sulaiman sesuai dengan akte kelahiran Nomor : AKT/3634/XII-09;
  • Anak Pemohon sering sakit-sakitan
  • Bahwa semenjak nama anak Pemohon diganti dari Sulaiman menjadi Ibrahim, anak Pemohon tersebut tidak lagi sakit-sakitan serta sehat wal’afiat hingga sekarang;
  • Bahwa hal ini telah didiskusikan dengan keluarga besar
  • Maksud dan tujuan Pemohon ingin mengganti nama  pemohon tersebut adalah untuk mengganti nama anak Pemohon tersebut dari Sulaiman menjadi Ibrahim;
  • Bahwa untuk sahnya ganti nama anak pemohon tersebut adalah harus ada penetapan dari Pengadilan Negeri Garut;

Berdasarkan alasan-alasan tersebut diatasi maka pemohon meminta dengan kerendahan hati kepada Bapak/Ibu agar sudilah kiranya menerima permohonan pemohon ini, yang selanjutnya dapat menetapkan menurut hukum sebagai berikut:

  • Mengabulkan permohonan Pemohon ;

  • Memberi izin kepada Pemohon untuk mengganti nama anak pemohon dari nama “ Sulaiman“ menjadi nama “Ibrahim“ ;

  • Memerintahkan kepada Kantor Catatan Sipil Kabupaten Garut di untuk mencatat tentang Penggantian nama anak Pemohon tersebut dengan cara membuat Catatan Pinggir pada  Petikan Akta Kelahiran Anak Pemohon No:  2345/VII-B/XI serta pada Buku Register Catatan Sipil yang bersangkutan:

  • Membebankan biaya perkara ini kepada Pemohon;

Demikianlah permohonan ini dibuat dengan Sebenarnya. Atas perhatian dan terkabulnya permohonan ini Pemohon ucapkan terima kasih banyak.

                                                                                         Hormat Pemohon, 

                                                                                               (Materai)

                                                                                          Ahmad Sobari Ibrahim


2. Contoh Surat Permohonan Ganti Nama – Perubahan Akte Kelahiran Karena Kesalahan Administrasi

Contoh Surat Permohonan Ganti Nama – Perubahan Akte Kelahiran Karena Kesalahan Administrasi

Untuk pergantian nama karena kesalahan administrasi sebenarnya suratnya mirip dengan pergantian karena alasan anak sering sakit-sakitan seperti yang telah disampaikan sebelumnya. Hanya saja alasan-alasan pengajuan permohonan ganti nama biasanya dilakukan beberapa penyesuaian. Berikut ini adalah beberapa alasan yang bisa diberikan.

  • Bahwa pemohon bermaksud melakukan perbaikan /perubahan terhadap akta kelahiran anak pemohon tersebut dari Irpan Daniansyah menjadi Irvan Daniansyah.
  • Terdapat ketidaksamaan antara nama yang tertera pada Ijazah dan juga Kartu Keluarga dengan yang terdapat pada Akte Kelahiran.
  • Bahwa dengan adanya maksud pemohon merubah nama anak pemohon dalam Akta Kelahiran tersebut maka pemohon bermaksud untuk melakukan perbaikan atau perubahan penulisan nama anak pemohon tersebut.

Itu adalah beberapa alasan yang bisa dicantumkan jika perubahan penggantian namanya karena kesalahan administrasi.


3. Contoh Surat Permohonan ganti Nama Rekening Bank

Contoh Surat Permohonan ganti Nama Rekening Bank

Selain akte kelahiran, pergantian nama juga bisa terjadi dan dilakukan pada rekening Bank. Berbeda dengan pengajuan pergantian nama akte yang mesti ditunjukkan ke dinas penduduk dan pencatatan sipil atau pengadilan negeri. Untuk ganti nama Bank ini harus dilakukan ke Bank yang bersangkutan. Jika masih bingung bentuk suratnya seperti apa, coba simak saja contohnya dibawah ini.

Contoh Surat Permohonan ganti Nama Rekening Bank

Garut, 01 Oktober 2020

Kepada Yth :

Kepala Cabang Bank Mandiri

Di Tempat

Perihal : Surat Permohonan Ganti Nama Rekening

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                             : Ahmad Sobari Ibrahim

Tempat Tanggal lahir      : Garut, 21 November 1992

Pekerjaan                          : Karyawan Swasta

untuk selanjutnya disebut sebagai PEMOHON.

Bersama dengan surat ini mengajukan permohonan tentang penggantian nama rekening Pemohon dengan alasan- alasan sebagai berikut: 

  • Bahwa Pemohon telah membuat rekening Mandiri pada tanggal 28 Agustus 2020.
  • Bahwa terdapat perbedaan pengetikan nama antara yang tertera di rekening dengan nama asli yang ada pada KTP.
  • Lalu setelah itu bahwa pada KTP nama yang tertera adalah Irvan Daniansyah sementara pada rekening tertera Irpan Daniansyah
  • Bahwa terdapat kendala dari kantor saat proses pengiriman uang gaji karena nama rekening tidak sesuai dengan KTP.

Berdasarkan alasan-alasan yang dijelaskan tersebut maka pemohon meminta dengan kerendahan hati kepada Bapak/Ibu agar sudilah kiranya menerima permohonan pemohon tersebut.

Demikianlah permohonan ini dibuat dengan Sebenarnya. Atas perhatian dan terkabulnya permohonan ini Pemohon ucapkan terima kasih banyak.

                                                                                         Hormat Pemohon, 

                                                                                               (Materai)

                                                                                         Irvan Daniansyah


Dari beberapa hal yang sudah dipaparkan di atas dapat disimpulkan bahwa memang mengganti nama itu ada kalanya sangat penting untuk dilakukan. Memang prosesnya tidak mudah, tapi tetap harus dilakukan. Selain karena urusan administrasi, biasanya ada juga alasan-alasan lainnya sebagaimana yang disebutkan diatas. Walaupun begitu, tentu saja sekarang sudah tidak kebingungan lagi karena contoh surat permohonan ganti nama yang menjadi salah satu syaratnya sudah disajikan sebelum ini.

Dengan begitu, maka siapa saja yang akan mengganti nama baik untuk dirinya sendiri maupun untuk anaknya bisa mencontoh surat permohonan tersebut. Selain itu juga maka siapkan juga dokumen-dokumen lainnya yang dibutuhkan supaya pada saat pengajuan ganti nama bisa segera diproses dengan cepat. Nah jika dirasa informasi ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman-teman lainnya yang sama-sama sedang membutuhkan.

Contoh Surat Permohonan Ganti Nama 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *