Contoh Surat Permohonan Maaf

By | Oktober 8, 2020
Contoh Surat Permohonan Maaf

Contoh Surat Permohonan Maaf – Melakukan kesalahan menjadi salah satu hal yang wajar bagi manusia, baik itu secara sengaja maupun tidak disengaja. Manusia seringkali tanpa sadar melukai dan menyakiti perasaan orang lain. Jika melakukan kesalahan, seseorang harus meminta maaf atas kesalahan yang diperbuatnya. Artikel ini akan memaparkan pengertian, tips, dan beberapa contoh surat permohonan maaf yang dapat Kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Permohonan maaf dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik itu secara lisan maupun tulisan. Jika seseorang berbuat salah kepada keluarga, teman, sahabat, atau orang terdekat mungkin permintaan maaf dapat disampaikan secara langsung atau melalui alat komunikasi lainnya. Permintaan maaf secara langsung biasanya mampu membuat orang yang sedang marah menjadi luluh. Seseorang akan terlihat berani dan mau mengakui kesalahannya dengan tulus jika meminta maaf secara langsung.

Namun, ada beberapa permohonan maaf yang harus dilakukan secara resmi. Biasanya, permohonan maaf yang dilakukan secara resmi ini dilakukan oleh perusahaan, instansi, lembaga, pemerintah, dan lain sebagainya. Suatu perusahaan yang melakukan kesalahan dapat meminta maaf dengan mengirim utusan perusahaan untuk bertemu secara langsung. Namun, terkadang perusahaan yang sibuk tak memiliki cukup waktu untuk bertemu secara langsung, maka permohonan maaf biasanya disampaikan melalui surat yang resmi.


Pengertian Surat 

Pengertian Surat 

Sebelum membahas tentang pengertian surat permohonan maaf, ketahui terlebih dahulu pengertian dari surat itu sendiri. Surat adalah suatu alat komunikasi yang sudah digunakan sejak zaman dahulu. Sebelum dunia mengenal alat komunikasi, surat digunakan untuk bertukar kabar, menyampaikan berita, atau bercerita kepada orang-orang terdekat. 

Saat ini, dunia sudah banyak mengalami perkembangan sejak era globalisasi. Globalisasi membuat segalanya jauh lebih mudah, termasuk dalam hal komunikasi. Kini, sudah ada berbagai alat komunikasi yang canggih dan tidak membutuhkan waktu lama untuk menyampaikan pesan, misalnya handphone, laptop, tablet, dan lain-lain. Bahkan, kemajuan alat komunikasi terus berkembang dengan pesat dan semakin lama semakin canggih. Hal itu membuat fungsi surat yang semula sebagai alat komunikasi kini berubah menjadi alat administratif untuk pelengkap dokumen.


Surat Permohonan Maaf

Surat Permohonan Maaf

Surat sendiri sangat banyak jenisnya, salah satunya adalah surat permohonan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, surat permohonan berisi sebuah permintaan atau permohonan tentang sesuatu hal kepada pihak yang terkait, perseorangan, lembaga, organisasi, perusahaan, atau instansi lainnya.

Dalam pembuatan surat permohonan itu sendiri banyak sekali tujuan yang beraneka ragam, mulai dari meminta izin, memohon bantuan, permohonan kerjasama, permintaan maaf, dan lain sebagainya. Nah, kali ini kita akan membahas surat permohonan maaf secara lebih lanjut. Surat permohonan maaf berfungsi sebagai bukti tertulis bahwa kita telah mengajukan permohonan maaf kepada pihak yang bersangkutan dengan harapan permintaan maaf tersebut dapat diterima atau disambut dengan baik oleh pihak terkait.

Permohonan maaf tersebut dapat ditulis dalam bentuk surat resmi maupun non resmi. Surat permohonan maaf yang ditulis secara resmi digunakan oleh perusahaan terkait permasalahan yang serius dan membutuhkan klarifikasi. Permohonan maaf secara resmi harus menggunakan bahasa formal dan sesuai dengan struktur surat resmi. Sedangkan surat permohonan maaf non resmi yang biasanya digunakan untuk urusan personal antar keluarga, teman, kerabat, guru, dan sebagainya, dapat ditulis dalam bahasa sehari-hari.


Contoh Surat Permohonan Maaf Formal dan Non Formal

Menulis surat permohonan maaf tidak terlalu sulit untuk dilakukan asalkan ada niat dan keberanian besar untuk mengakui kesalahan yang diperbuat. Apalagi, untuk hanya sekedar meminta maaf kepada orang terdekat, Anda dapat mengungkapkan rasa penyesalan Anda dengan gaya bahasa yang lebih santai.

Namun, jika suatu perusahaan ingin meminta maaf kepada pihak lain, maka harus menggunakan struktur dan tata cara penulisan surat resmi seperti pada umumnya. Berikut ini adalah beberapa contoh surat permohonan maaf, baik yang formal maupun non formal :

1. Contoh Surat Permohonan Maaf Kepada Sahabat

Contoh Surat Permohonan Maaf Kepada Sahabat

Memiliki seorang sahabat menjadi salah satu hal yang membahagiakan, bukan? Namun, menjadi sahabat yang baik bukanlah hal yang mudah. Terkadang, kita melakukan berbagai kesalahan, baik disengaja maupun tanpa sengaja. Bahkan, hal sepele saja dapat menimbulkan permasalahan dan pertengkaran.

Jika terjadi permasalahan tersebut, alangkah baiknya Anda segera meminta maaf kepada sahabat Anda supaya persahabatan kalian dapat tetap berlanjut. Nah, untuk meminta maaf Anda bisa menggunakan salah satu contoh surat permohonan maaf non resmi kepada sahabat di bawah ini.

Contoh Surat Permohonan Maaf Kepada Sahabat

=========================

Jakarta, 30 September 2020

Kepada Grace Sahabatku,

di Tempat

Hai Grace,

Apa Kabarmu? Aku harap kamu baik-baik saja dan tetap dalam keadaan sehat.  

Oh ya Grace, melalui surat ini aku ingin menyampaikan permohonan maafku atas kejadian di sekolah kemarin. Aku sama sekali tidak bermaksud mempermalukan kamu. Awalnya, niatku hanya bercanda dan menjahili kamu. Namun, aku sadar jika candaanku sudah keterlaluan dan membuat kamu malu.  

Aku tidak ingin persahabatan kita berhenti karena masalah seperti ini, Grace. Aku benar-benar minta maaf, ya Grace. Semoga kamu bersedia memaafkan aku supaya kita tidak berlarut-larut dalam masalah yang mengancam persahabatan kita ini. 

Kamu sudah kuanggap seperti saudara perempuanku sendiri dan kita juga sudah bersahabat sejak kecil, kan Grace? Aku tidak mau jika persahabatan kita harus berakhir sampai disini, makannya aku menyampaikan permohonan maafku. Kamu mau maafin aku kan? 

Sekian dulu suratku ya Grace, aku harap besok kamu sudah kembali tertawa dan mau memaafkan kesalahanku. Semoga masalah ini menjadi pelajaran yang berharga bagiku supaya aku lebih berhati-hati lagi dalam bergurau. Terimakasih sudah membaca suratku, Grace

Sahabatmu,

Amanda Febriani.


2. Contoh Surat Permohonan Maaf Kepada Guru

Contoh Surat Permohonan Maaf Kepada Guru

Sebagai seorang murid, seringkali kita melakukan berbagai kesalahan yang membuat kita mendapat hukuman dari guru atau bahkan tanpa sadar melukai hati guru tersebut. Jika kita sadar akan kesalahan yang diperbuat, serta memiliki niat untuk memperbaiki kesalahan, kita bisa meminta maaf kepada guru yang bersangkutan.

Mungkin, kita merasa takut untuk meminta maaf secara langsung kepada guru. Oleh karena itu, gunakan contoh surat permohonan maaf kepada guru dibawah ini dan sesuaikan dengan permasalahan yang terjadi. 

Contoh Surat Permohonan Maaf Kepada Guru

=========================

Jakarta, 30 September 2020

Kepada Yth,

Ibu Dyah Ayu

di Tempat

Dengan hormat,

Perkenalkan Bu, nama saya Siti Rahayu, salah satu siswi yang tadi siang mendapat hukuman dari Ibu karena mengobrol saat jam pelajaran Fisika.

Dengan surat ini saya bermaksud mengakui kesalahan yang saya perbuat. Saya menyadari jika sebagai seorang murid, seharusnya saya mendengarkan penjelasan dari Ibu guru yang nantinya juga akan berguna bagi masa depan saya. Saya juga sadar jika hukuman Ibu berikan semuanya demi kebaikan saya.

Bersamaan dengan adanya surat ini, saya pun bermaksud untuk menyampaikan permohonan maaf kepada Ibu dan berharap Ibu mau memaafkan kesalahan saya. Saya berjanji tidak akan mengulangi kesalahan saya lagi dan akan lebih giat belajar agar nantinya bisa mendapatkan nilai yang bagus. 

Terimakasih juga ingin saya sampaikan kepada Bu Dyah secara khusus, karena Ibu selalu sabar dalam menghadapi kenakalan para murid. Mungkin, seringkali perbuatan saya dan teman-teman membuat Ibu kecewa dan merasa tak dihargai. 

Sekali lagi, saya ingin memohon maaf kepada Ibu yang sebesar-besarnya. Demikian surat ini saya sampaikan, maaf apabila mengganggu waktu Ibu.

Hormat Saya,

Siti Rahayu.


3. Contoh Surat Permohonan Maaf Kepada Orangtua

Contoh Surat Permohonan Maaf Kepada Orangtua

Sebagai seorang anak, seringkali kita juga melakukan perbuatan yang melukai hati kedua orangtua kita. Beruntung jika kita mampu menyampaikan permohonan maaf secara langsung kepada orangtua. Namun, ada banyak sekali orang yang tinggal berjauhan dengan kedua orangtua mereka.

Orang-orang ini tak dapat memeluk orangtua mereka dan menyampaikan permintaan maaf secara langsung. Mereka hanya dapat menulis surat permohonan maaf non resmi kepada orangtua bila melakukan kesalahan. 

Contoh Surat Permohonan Maaf Kepada Orangtua

======================

Jakarta, 30 September 2020

Kepada Kedua Orangtuaku,

di Semarang

Hai Pak, Bu!

Apa kabar kalian disana? Aku rindu sekali dengan kalian. Sudah satu tahun aku belum sempat pulang ke kampung untuk menengok keadaan Bapak dan Ibu. 

Oh ya! Dengan adanya surat ini, aku ingin menyampaikan permohonan maafku karena bulan ini aku tidak bisa mengirimkan sejumlah uang untuk biaya pengobatan Bapak. 

Jujur, bisnisku sedang kurang lancar Pak, Bu. Bisnisku mulai menurun sejak adanya pandemi Covid-19 ini. Keuntungan dari bisnisku hanya cukup untuk membiayai kehidupan sehari-hariku di Jakarta. 

Tapi, kalian tidak perlu mengkhawatirkan aku. Aku akan terus berusaha supaya bisnisku kembali bangkit dan aku dapat membantu biaya pengobatan Bapak. Aku harap Bapak dan Ibu menerima permintaan maafku ini dan mendoakan aku supaya bisnis dan pekerjaanku kembali dilancarkan oleh Allah SWT. 

Sampai sini dulu ya suratku. Jaga kesehatan selalu, Pak, Bu! Terimakasih sudah mengerti keadaanku.

Penuh Cinta,

Anakmu,

Nita Wahyuningsih.


4. Contoh Surat Permohonan Maaf Keterlambatan

Contoh Surat Permohonan Maaf Keterlambatan

Sebagai manusia, wajar jika kita melakukan sesuatu tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan. Terkadang, kita terlambat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Ada banyak sekali jenis keterlambatan, sebagai contoh kita akan ambil kasus keterlambatan pembayaran pada perusahaan.

Biasanya, perusahaan membeli barang dari perusahaan lain dengan pembayaran sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Namun, terkadang beberapa kendala keuangan membuat perusahaan terlambat melakukan pembayaran. Oleh karena itu, perusahaan dapat menulis surat permohonan maaf secara formal atas keterlambatan yang terjadi.

Contoh Surat Permohonan Maaf Keterlambatan

=========================

  1. KELUARGA SEJAHTERA

Jl. Semeru No. 717, Jakarta

Telp. 021-987612, Email : [email protected]

Website : www.keluargasejahtera.com

Jakarta, 30 September 2020

Nomor : 74/PM/KS/2020

Perihal : Permohonan Maaf

Kepada Yth,

Pimpinan PT. Aman Sentosa

Jalan Diponegoro No. 321

Semarang

Dengan hormat,

Sehubungan dengan batas akhir pembayaran untuk barang pesanan perusahaan kami dengan nomor invoice 521/INV/AS/2020, maka seharusnya tagihan tersebut sudah harus kami bayarkan pada tanggal 2 Oktober 2020.

Namun dikarenakan kantor pusat kami mengalami kebakaran, maka dengan rasa bersalah kami harus menyampaikan bahwa kami masih belum bisa membayar invoice tersebut dalam tenggat waktu yang telah ditentukan. Kami juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas keterlambatan pembayaran ini dan kami berjanji akan segera melunasi tagihan tersebut pada tanggal 5 Oktober 2020 mendatang.

Kami berharap PT. Aman Sentosa dapat memaklumi kondisi kami saat ini dan keterlambatan pembayaran tersebut tidak akan mengganggu kerjasama yang sudah terjalin lama antara dua perusahaan.

Demikian surat permohonan maaf ini kami sampaikan, atas pengertiannya, kami ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Kami,

Direktur PT. Keluarga Sejahtera,

Agus Halim.


5. Contoh Surat Permohonan Maaf Kesalahan Pengiriman

Contoh Surat Permohonan Maaf Kesalahan Pengiriman

Berbagai perusahaan dapat menggunakan surat permintaan maaf resmi terkait dengan bermacam-macam bentuk kesalahan. Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan perusahaan adalah kesalahan dalam pengiriman barang. Karena kelalaian atau kurangnya komunikasi, perusahaan bisa mengirimkan barang yang tidak sesuai dengan pesanan kepada para pelanggan.

Agar pelanggan tidak merasa kecewa, perusahaan akan mengirimkan barang yang benar sesuai dengan pesanan bersamaan dengan surat permohonan maaf atas kesalahan yang dilakukan. Nah, surat permohonan maaf yang satu ini harus ditulis secara formal karena bersangkutan dengan pihak perusahaan lain.

Contoh Surat Permohonan Maaf Kesalahan Pengiriman

=========================

  1. SUKSES INDONESIA

Jl. Merapi No. 192, Jakarta

Telp. 021-190204, Email : [email protected]

Website : www.suksesindonesia.com

Jakarta, 30 September 2020

Nomor : 123/PM/MJS/2020

Perihal : Permohonan Maaf

Kepada Yth,

Bapak Muhammad Fadlika

Pemilik Toko Barang Antik Fajar

Jl. Perjuangan No. 927

Lampung

Dengan hormat,

Sehubungan dengan kesalahan pengiriman barang pada tanggal 28 September 2020 dengan surat pesanan bernomor 672/SI/BAF/2020, kami mengakui jika kesalahan pengiriman barang tersebut adalah murni kesalahan kami karena salah satu karyawan kami baru bekerja beberapa hari, sehingga masih belum ahli dalam bidang tersebut. Kami juga ingin meminta maaf atas kesalahan yang sudah kami perbuat, yang mungkin membuat Bapak kurang nyaman.

Sebagai bentuk tanggung jawab kami, kami akan melakukan pengiriman kembali barang – barang yang sesuai dengan pesanan Bapak dan akan mengambil barang yang tidak sesuai terlebih dahulu. Pengiriman barang ini juga akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab kami, sehingga Bapak tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun. 

Kami berharap Bapak Muhammad Fadlika dapat memaklumi kesalahan kami dan menerima permohonan maaf ini. Semoga kesalahan yang kami perbuat tidak akan mengganggu kerjasama antar kedua perusahaan ini.

Demikian surat permohonan maaf ini kami sampaikan, atas perhatian dan pengertiannya, kami ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

Hormat Kami,

Direktur PT. Sukses Indonesia,

Nicolas Saputra.


Tips Menulis Surat Permohonan Maaf

Tips Menulis Surat Permohonan Maaf

Setelah mengetahui beberapa contoh surat permohonan maaf diatas, ada beberapa tips supaya permohonan maaf dapat tersampaikan dengan baik dan diterima oleh pihak yang terkait. Pertama, Anda harus memiliki niat dan keberanian yang besar untuk meminta maaf. Ketulusan Anda dapat terlihat dari kata-kata yang akan digunakan untuk meminta maaf.

Kedua, jelaskan secara jujur kejadian yang terjadi sebenarnya. Jangan melebih-lebihkan atau mengurangi cerita supaya pihak yang bersangkutan dapat memahami dengan baik dan tidak terjadi kesalahpahaman lebih lanjut. Sesuaikan juga dengan permasalahan yang sedang terjadi dan kepada siapa Anda melakukan kesalahan tersebut.

Jika hanya kesalahpahaman kecil atau masalah sepele, Anda dapat mengungkapkan permohonan maaf secara langsung atau menulis surat non formal. Namun, jika kesalahan yang diperbuat cukup fatal dan berkaitan dengan perusahaan, instansi, lembaga, atau pemerintah, sebaiknya tulis surat permohonan maaf secara formal. 

Sebenarnya, menulis surat permohonan maaf baik itu secara formal maupun non formal hanya berbeda pada struktur dan gaya bahasanya saja. Yang terpenting adalah niat dan tujuan awal kita untuk meminta maaf dengan sepenuh hati. Ada pepatah yang mengatakan bahwa “Jika niat kita baik, pasti akan diterima dengan baik.” Jadi, tidak perlu takut untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf.

Dengan meminta maaf, kita akan menjadi lebih lega karena terbebas dari perasaan bersalah. Selain itu, meminta maaf juga dapat memperbaiki hubungan yang rusak karena suatu permasalahan sebelumnya. Alangkah lebih baik jika kita semua saling meminta maaf dan memberi maaf. Dunia akan lebih indah dan damai bila manusia saling mengampuni. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Contoh Surat Permohonan Maaf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *