Contoh Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro

By | Oktober 11, 2020
Contoh Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro

Contoh Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro – Rekening giro merupakan salah satu produk perbankan yang sangat penting, khususnya bagi instansi, baik itu sekolah, pemerintah, atau perusahaan.

Dalam pembuatan rekening giro, instansi wajib membuat surat permohonan pembukaan rekening giro yang ditujukan kepada bank tertentu. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai rekening giro dan contoh surat permohonan pembukaan rekening giro.


Tentang Rekening Giro dan Manfaatnya

Tentang Rekening Giro dan Manfaatnya

Bila perorangan lebih memilih menyimpan uang dengan fasilitas rekening tabungan, maka instansi atau perusahaan lebih memilih menyimpan uang menggunakan Giro. Giro atau rekening giro merupakan sebuah produk yang dikeluarkan oleh bank yang dapat berupa simpanan dari perseorangan maupun instansi. Perbedaannya dengan tabungan, pemilik rekening giro bisa melakukan penarikan menggunakan cek atau bilyet giro.

Pengguna rekening giro lebih banyak berupa instansi, bisa berupa instansi pemerintah, sekolah, atau perusahaan yang memiliki sistem akuntansi. Ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan oleh para pemilik rekening giro. Manfaat yang paling utama adalah kemudahan untuk melakukan penarikan keuangan sesuai keperluan tanpa perlu mengganggu kegiatan transaksi keuangan.

Pemilik rekening giro juga lebih aman saat melakukan transaksi karena tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah besar. Pemilik rekening giro cukup membawa cek dan bilyet giro saat akan melakukan transaksi. Cek dan bilyet giro inilah yang menjadi alat transaksi pengganti uang yang nantinya bisa dicairkan pada bank yang telah ditunjuk.


Syarat Pengajuan Pembukaan Rekening Giro

Syarat Pengajuan Pembukaan Rekening Giro

Agar dapat memiliki sebuah rekening giro, bank memiliki beberapa persyaratan administrasi yang harus dipenuhi. Beberapa bank mungkin memiliki persyaratan administrasi yang berbeda, tetapi ada beberapa persyaratan umum yang selalu ada ketika mengajukan pembukaan rekening giro. Beberapa persyaratan dalam pengajuan pembukaan rekening giro antara lain:

  1. Calon Nasabah Rekening Giro tidak termasuk ke dalam Daftar Hitam Bank Indonesia
  2. Fotokopi identitas dari calon pemilik rekening. Bila calon pemilik rekening giro merupakan sebuah instansi atau perusahaan, maka fotokopi identitas yang dibutuhkan adalah fotokopi direktur atau kepala pimpinan. Fotokopi identitas yang diperbolehkan antara lain KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku dan diakui di Indonesia.
  3. Memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  4. Memiliki Akta Pendirian, Surat Izin Usaha Perdagangan, Tanda Daftar perusahaan, Surat pengesahan dari Menteri Kehakiman, dan surat keterangan domisili bagi instansi atau perusahaan.

Setelah memenuhi persyaratan tersebut, selanjutnya adalah dengan melakukan langkah-langkah dalam pembukaan rekening giro. Dalam pembukaan rekening giro, calon pemilik rekening wajib mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening giro dan melakukan setoran awal. Besar setoran awal ini mulai dari Rp 500.000,- untuk perorangan dan Rp 1.000.000,- untuk perusahaan.

Calon pemilik rekening harus membawa persyaratan tersebut ketika membuka rekening giro pada bank yang dituju. Persyaratan tersebut menjadi lampiran saat mengisi formulir. Selain itu, calon pemilik rekening juga wajib membuat sebuah surat permohonan pembukaan rekening giro. Contoh surat permohonan pembukaan rekening giro akan dijelaskan secara lengkap pada bagian akhir artikel ini.


Format Contoh Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro

Format Contoh Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro

Seperti halnya surat-surat lainnya, surat permohonan pembukaan rekening giro juga memiliki format-format tertentu. Format untuk surat ini memang tidaklah kaku, karena pembuat surat juga dibebaskan dalam pembuatannya. Oleh sebab itu, akan ada banyak sekali contoh surat permohonan pembukaan rekening giro yang ditemukan di internet. Namun, umumnya dalam surat tersebut mengandung beberapa hal sebagai berikut.

1. Kop Surat

Dalam setiap contoh surat permohonan pembukaan rekening giro pasti akan ada kop surat. Alasan di balik penggunaan kop surat adalah karena surat permohonan pembukaan rekening giro sendiri tergolong sebagai surat resmi. Rekening giro umumnya digunakan oleh instansi-instansi, baik itu sekolah, instansi pemerintah, atau perusahaan.

Setiap instansi yang ingin berkirim surat secara resmi kepada instansi lain wajib menggunakan kop surat. Kop surat menunjukkan bahwa surat yang dikirimkan tersebut benar-benar berasal dari instansi pengirim. Dalam kop surat permohonan pembukaan rekening giro terdapat nama instansi, logo instansi, alamat instansi, dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

2. Nomor Surat

Selain kop surat, dalam contoh surat permohonan pembukaan rekening giro juga terdapat nomor surat. Nomor surat ini juga menjadi salah satu unsur yang wajib ada dalam pembuatan sebuah surat resmi, termasuk surat permohonan pembukaan rekening giro oleh instansi. Format penulisan nomor surat ini berbeda-beda untuk setiap instansi.

Dalam nomor surat ini terdapat beberapa kode seperti urutan surat dikeluarkan, jenis surat, departemen atau divisi yang mengeluarkan, hingga tahun dikeluarkannya surat. Oleh sebab itu, surat yang ditujukan untuk keperluan eksternal instansi tentu berbeda dengan keperluan internal. Kode-kode nomor surat ini sangat penting untuk keperluan arsip instansi.

Keberadaan nomor surat ini juga diikuti dengan lampiran dan hal. Bagian lampiran ini menunjukkan jumlah lampiran yang diikutkan ke dalam surat ini. Dalam hal pembuatan surat permohonan pembukaan rekening giro, jumlah lampiran menyesuaikan dengan syarat pembuatan rekening giro dari bank. Pada bagian hal dituliskan tujuan pembuatan surat, sehingga pembaca bisa langsung mengetahui tujuan pembuatan surat tersebut.

3. Bagian Pembukaan

Bagian pembukaan pada contoh surat permohonan pembukaan rekening giro ini berisikan salam hormat yang umumnya menggunakan kata “Dengan hormat”. Penulisan kata “dengan hormat” dalam surat-resmi harus dituliskan dalam satu paragraf. Menggunakan huruf kapital pada awal kata “dengan” dan diakhiri dengan tanda koma pada akhir setelah kata “hormat”.

4. Bagian Inti

Bagian inti dari surat permohonan pembukaan rekening giro ini berisikan tentang isi utama dari surat. Dalam hal ini, isi surat adalah mengajukan permohonan agar bank berkenan untuk membuka rekening giro. Pada beberapa bagian inti contoh surat permohonan pembukaan rekening giro ini juga dituliskan mengenai nama instansi dan alamat pemilik rekening giro nantinya.

Pihak bank umumnya tidak mudah mengabulkan permohonan pembukaan rekening giro, sehingga hanya memberikan akses ketika ada keperluan yang penting saja. Oleh sebab itu, pada bagian inti juga dituliskan alasan yang mendasari perlunya pembukaan rekening giro bagi instansi. Sebagai tambahan, pada bagian inti juga dituliskan detail berkas-berkas yang menjadi lampiran sekaligus syarat pembukaan rekening giro.

5. Bagian Penutup

Pada bagian penutup dalam surat permohonan pembukaan rekening giro cukup menuliskan tentang ungkapan terima kasih kepada pihak bank. Hal ini tetap harus ditulis karena hanya pihak bank yang bisa membuka dan memberikan akses untuk pembukaan rekening giro bagi instansi. Oleh sebab itu, sebaiknya tetap berterima kasih atas bantuan bank meski hanya melalui surat tertulis.

6. Tanda Tangan, Nama, dan Meterai

Seperti surat-surat lainya, dalam surat permohonan pembukaan rekening giro juga harus dilengkapi dengan nama lengkap dan tanda tangan diatas materai. Pihak yang wajib melakukan tanda tangan adalah pengirim surat. Dalam hal pembukaan rekening giro ini, pengirim surat adalah instansi baik itu sekolah, pemerintah, perusahaan yang diwakili oleh direktur.

Pemberian materai ini menunjukkan bahwa surat permohonan pembukaan rekening giro ini dibuat secara resmi dan sah secara hukum. Bila nantinya terjadi sebuah permasalahan dalam persidangan, surat yang sudah dibubuhkan materai ini bisa digunakan sebagai sebuah alat bukti yang sah.


Contoh Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro

Contoh Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro

Pembuatan rekening giro hanya bisa dilakukan oleh instansi, baik itu sekolah atau perusahaan. Rekening giro diperlukan agar proses penarikan keuangan instansi atau perusahaan bisa dilakukan sewaktu-waktu. Berikut ini beberapa contoh surat permohonan pembukaan rekening giro untuk beberapa instansi dan bank.

1. Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro dari Sekolah

Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro dari Sekolah

Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro dari Sekolah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

SMP Negeri 1 Bulak

Jalan Sawo no. 156, Kelurahan Bulak, Kecamatan Bulak, Kabupaten Jaya, Provinsi Jaya Negara

Nomor              : 01/SMA1Bulak/2020

Lampiran         : 5 lembar

Hal                      : Permohonan Pembukaan Rekening Giro Bank Sumber Daya

Yth. Bapak/Ibu Kepala Bank Sumber Daya Cabang Bulak

Di

Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan keperluan untuk memperlancar kegiatan operasional pendidikan, maka kami yang bertanda tangan di bawah ini mewakili:

Nama Instansi               : SMA Negeri 1 Bulak

Alamat                              : Jalan Sawo no. 158, kelurahan Bulak, kecamatan Bulak, kabupaten Jaya, provinsi Jaya Negara

Bermaksud untuk memohon kepada Bank Sumber Daya untuk membuka fasilitas giro untuk instansi sekolah kami. Bersama surat permohonan ini kami lampirkan berkas pendukung sebagai bahan pertimbangan.

Demikian surat permohonan pembukaan rekening giro kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami sampaikan terima kasih.

Bulak, 01 Oktober 2020

Hormat kami

Drs. M. Zainuddin, M.Pd

Kepala SMA Negeri 1 Bulak


2. Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro untuk Pencairan Dana BOS

Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro untuk Pencairan Dana BOS

Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro untuk Pencairan Dana BOS

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sekolah Menengah Pertama 05 Tanjung Api

Jalan Bunga Kenanga no. 21, Kelurahan Tanjung Air, Kecamatan Tanjung Api, Kabupaten Tanjung, Provinsi Tanjung Laut

Nomor              : 01/SMP05TA/10/2018

Lampiran         : 5 lembar

Hal                      : Permohonan Pembukaan Rekening Giro Bank Dana Abadi

Yth. Bapak/Ibu Kepala Bank Dana Abadi Cabang Tanjung Api

Di

Tempat

Dengan hormat,

Sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bahwa dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sudah dapat dicairkan, maka kami yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Instansi               : SMP Negeri 05 Tanjung Api

Alamat                              : Jalan Bunga Kenanga no. 21, kelurahan Tanjung Air, kecamatan Tanjung Api, kabupaten Tanjung, provinsi Tanjung Laut

Bermaksud untuk memohon kepada Bank Dana Abadi berkenan membuka fasilitas rekening giro atas nama SMP Negeri 05 Tanjung Api untuk keperluan pencairan dana BOS. Bersama surat ini kami melampirkan beberapa dokumen sebagai pelengkap persyaratan.

Demikian surat permohonan pembukaan rekening giro kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami sampaikan terima kasih.

Tanjung Api, 01 Oktober 2018

Hormat kami

Desi Wulansari, M.Pd., M.Sc.

Kepala SMP Negeri 05 Tanjung Api


3. Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro untuk Pembangunan Gedung Ibadah

Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro untuk Pembangunan Gedung Ibadah

Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro untuk Pembangunan Gedung Ibadah

Panitia Pembangunan Gedung Ibadah

Desa Sukatani, Kecamatan Gemah Ripah

Kabupaten Alam Sejahtera

Nomor              : 06/PPGI/XI/2014

Lampiran         : 6 lembar

Hal                      : Permohonan Pembukaan Rekening Giro Bank Sungai Musi

Yth. Bapak/Ibu Kepala Bank Sungai Musi Cabang Alam Sejahtera

Di

Tempat

Dengan hormat,

Kami yang bertanda tangan di bawah ini adalah perwakilan dari Panitia Pembangunan Gedung Ibadah yang beralamat di Desa Sukatani, Kecamatan Gemah Ripah, Kabupaten Alam Sejahtera. Melalui surat ini bermaksud untuk memohon kepada Bank Sungai Musi untuk membuka fasilitas giro untuk keperluan pembangunan.

Bersama surat ini, kami melampirkan beberapa berkas sesuai dengan persyaratan sebagai berikut:

  1. Pernyataan Spesimen
  2. SK Penetapan Panitia beserta susunannya
  3. SK Sumber Dana dari Panitia
  4. Surat Rekomendasi dari Camat Terkait
  5. Foto copy KTP Ketua dan Bendahara Panitia Pembangunan Gedung Ibadah
  6. Pas foto terbaru 3×4 sebanyak 2 lembar

Demikian surat permohonan pembukaan rekening giro kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami sampaikan terima kasih.

Gemah Ripah, 05 November 2016

Hormat kami

Bendahara                                                      Ketua

Dewi Sri                                            Anton Fahrizal


4. Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro untuk Pembangunan Gedung Ibadah

Sinar Abadi Lestari

Kantor                              : Jalan Yogyakarta no. 145, kota Mataram

Nomor Telepon                            : (0370) 123456

Nomor              : 017/AKT/CV-SAL/III/2016

Lampiran         : –

Hal                      : Permohonan Pembukaan Rekening Giro Bank Sumber Daya

Yth. Bapak/Ibu Kepala PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk.

Kantor Cabang Mataram

Di Tempat

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini kami atas nama CV. Sinar Abadi Lestari, memohon kepada PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk, kantor cabang Mataram agar dapat membukakan fasilitas giro kepada kami. Tujuan kami untuk membuka rekening giro adalah untuk membantu kelancaran operasional perusahaan kami.

Demikian surat permohonan pembukaan rekening giro kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami sampaikan terima kasih.

Mataram, 27 Maret 2016

Hormat kami

Hendrik Hendarto

Direktur CV. Sinar Abadi Lestari


5. Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro Bank Tabungan Negara (BTN)

Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro Bank Tabungan Negara (BTN)

Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro Bank Tabungan Negara (BTN)

Kirin Teknika Indonesia

Kantor              : Jalan Bulaksumur 131, kota Yogyakarta

Nomor Telepon            : (0274) 321321

Nomor              : 014/KTI-AKT/02/V/2015

Lampiran         : –

Hal                      : Permohonan Pembukaan Rekening Giro Bank Tabungan Negara

Yth. Bapak/Ibu Pimpinan Bank Tabungan Negara

Kantor Cabang Yogyakarta

Di Tempat

Dengan hormat,

Dalam rangka memperlancar segala transaksi keuangan di perusahaan kami, melalui surat ini kami mengajukan permohonan pembukaan rekening giro di Bank Tabungan Negara (BTN) Kantor Cabang Yogyakarta. Pembukaan rekening giro yang dimaksud atas nama PT. Kirin Teknika Indonesia.

Demikian surat permohonan pembukaan rekening giro kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami sampaikan terima kasih.

Bulak, 04 Mei 2020

Hormat kami

Singgih Hadiwijata

Direktur PT. Kirin Teknika Indonesia


6. Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro Bank Daerah

Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro Bank Daerah

Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro Bank Daerah

PT Jaya Abadi Indonesia

Alamat              : Jalan Raya Surabaya-Sidoarjo, no. 131, Bangkingan, Surabaya, Jawa Timur

No. Telepon   : (031) 1235134

Nomor              : 019/JAI/01/VI/2020

Lampiran         : 1 lembar

Hal                      : Permohonan Pembukaan Rekening Giro Bank Jatim

Yth. Bapak/Ibu PT Bank Jatim

Kantor Cabang Surabaya

Di Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan keperluan untuk memperlancar kegiatan operasional perusahaan, maka kami yang bertanda tangan di bawah ini mewakili:

Nama Instansi               : PT Jaya Abadi Indonesia

Alamat                              : Jalan Raya Surabaya-Sidoarjo, no. 131, Bangkingan, Surabaya, Jawa Timur

Bermaksud untuk memohon kepada Bank Jatim untuk membuka fasilitas giro atas nama PT Jaya Abadi Indonesia. Bersama surat permohonan ini kami lampirkan berkas pendukung sebagai pelengkap persyaratan.

Demikian surat permohonan pembukaan rekening giro kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami sampaikan terima kasih.

Surabaya, 01 Juni 2020

Hormat kami

David Maulana

Direktur PT Jaya Abadi Indonesia


7. Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro Bank Mandiri

Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro Bank Mandiri

Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro Bank Mandiri

PT Intan Indah Pertiwi

Alamat              : Jalan Raya Poros Makassar, no. 11, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

No. Telepon   : (0414) 1235134

Nomor              : 019/IIP-EKS/01/VII/2020

Lampiran         : 1 lembar

Hal                      : Permohonan Pembukaan Rekening Giro Bank Mandiri

Yth. Bapak/Ibu PT Bank Mandiri

Kantor Cabang Makassar

Di Tempat

Dengan hormat,

Kami yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Instansi               : PT Intan Indah Pertiwi

Alamat                              : Jalan Raya Poros Makassar, no. 111, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Bermaksud untuk memohon kepada Bank Jatim untuk membuka fasilitas giro atas nama PT Intan Indah Pertiwi. Maksud pembukaan rekening giro ini adalah agar memperlancar urusan keuangan kami.

Demikian surat permohonan pembukaan rekening giro kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami sampaikan terima kasih.

Makassar, 11 Juli 2020

Hormat kami

Intan Indah Pertiwi

Direktur PT Intan Indah Pertiwi

Pembukaan rekening giro sangat penting untuk instansi, baik itu sekolah, pemerintah, atau perusahaan dalam rangka kegiatan transaksi keuangan. Dalam pembukaan rekening giro diwajibkan untuk membuat sebuah surat permohonan pembukaan rekening giro yang ditujukan kepada bank terkait. Pada format contoh surat permohonan pembukaan rekening giro terdapat beberapa unsur yang wajib ada.

Contoh Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *